Jumat, 29 Mei 2009

PDAM Sumedang Akan Cari Sumber Air Lain Jum'at, 22 Mei 2009 , 11:03:00

SUMEDANG, (PRLM).- Menyusul adanya penolakan atas rencana pengambilan air dari air Curug Ciputrawangi, di Desa Narimbang, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang oleh masyarakat desa tersebut, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumedang, kini tengah mencari sumber air lain sebagai alternatif. Pihak PDAM Sumedang melalui Kepala Bidang Teknik Rd. Moch. Taufik, menyatakan, jika masyarakat di Desa Narimbang tetap menolak rencana itu, PDAM Sumedang tidak akan memaksakan untuk melaksanakan rencana tersebut.

Namun, menurut Taufik, pihaknya sementara ini belum sampai memupus rencana tersebut, karena penolakan dari masyarakat itu sendiri baru disampaikan secara lisan pada saat pihaknya melakukan sosialisasi rencana itu. "Untuk memutuskan jadi tidaknya rencana kami itu dilaksanakan, kami masih menunggu surat pernyataan resmi dari masyarakat di desa itu. Apa benar menolak atau bisa menerima rencana kami itu," ujar Taufik, Jumat (22/5).

Ditanya bagaimana jika masyarakat Desa Narimbang tetap menolak rencana pihaknya itu, Taufik menyebutkan pihaknya kini tengah mencari dan telah menemukan beberapa sumber air lain sebagai alternatif. Di antaranya, sumber air di sekitar kaki Gunung Tampomas yakni, untuk pengembangan usaha pengelolaan air bagi masyarakat di beberapa desa di wilayah Kec. Conggeang dan sekitarnya.

Untuk itu, PDAM Sumedang belum lama ini telah menjajaki dan merencanakan mengambil air sebagai sumbernya dari Curug Ciputrawangi di desa Narimbang. Namun, sebagaimana diberitakan sebelumnya, rencana tersebut ternyata ditolak tegas oleh masyarakat di desa tersebut. Bahkan masyarakat di desa itu, telah menyatakan dan meminta kepada pihak pemerintah desanya untuk tidak mau dilobi menyutujui rencana PDAM itu, karena mereka meyakini dampaknya akan mengganggu pasokan air terhadap areal persawahan dan ladang pertanian masyarakat di Desa Narimbang.(A-91/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar